Natasha Tontey adalah seniman yang tertarik dengan eksplorasi fiksi sebagai metoda untuk berspekulasi. Melalui praktik artistiknya, ia mengemukakan sejarah dan mitos seputar ‘manufaktur ketakutan’ sebagai kisah fiksi dan melihat bagaimana hal itu mendeterminasi ekspektasi akan masa depan.
Karyanya telah dipamerkan secara internasional di Next Wave Festival (Melbourne, 2016), Koganecho Bazaar (Yokohama, 2015), Indonesian Dance Festival (Jakarta, 2018), Instrument Builders Project: Circulating Echo di Kyoto Art Centre (Kyoto, 2018), Other Futures: Multispecies Experiment (Amsterdam 2019), Contemporary Art Tasmania (Hobart, Tasmania 2019), Polyphonic Social 2019 (Melbourne, 2019), Tricks of the Mouth di Carriageworks (Sydney, 2019) dipresentasikan bersama dengan Liquid Architecture, K4 Gallery of Video and Moving Image (Oslo, Norway, 2019), The Wrong Biennale for Digital Arts (Internet, 2019) dan ONCURATING Space (Zurich, Switzerland, 2019). Pameran tunggal pertamanya Almanak diadakan pada 2018 di Cemeti Institute for Art and Society, Yogyakarta, Indonesia. Tahun 2019 ia mendapatkan Young Artist Award by ArtJog MMXIX dan tahun 2020 mendapatkan HASH Award 2020 for Net-Based Projects in the Fields of Art, Technology, and Design oleh Zentrum für Kunst (ZKM) und Medien Karlsruhe dan Akademie Schloss Solitude.